Kamis, 13 Juni 2013

Pesona Batik Aceh

Pesona Batik Aceh 


Propinsi Aceh yang beberapa tahun lalu sempat terkena tsunami itu, ternyata menyimpan batik nan khas. Dikatakan khas karena keindahan motif dan falsafahnya tentu mempunyai nilai rasa tersendiri. Kuatnya pengaruh Islam yang ada di Aceh juga mewarnai ragam motif batik Aceh.

Corak dan variasi batik dari Aceh jelas berbeda dengan batik dari daerah lain di Indonesia. Batik aceh berani memainkan warna seperti merah, hijau, kuning, merah muda, dan sebagainya dengan menampilkan unsur alam dan budaya.

Motif yang ada pada batik Aceh mengandung falsafah hidup masyarakatnya.  Berikut contoh-contoh motif dan artinya.

1. Motif pintu menunjukkan ukuran tinggi pintu yang rendah yang menggambarkan kepribadian orang Aceh. Rumah adat Aceh memang berpintu rendah, namun di dalamnya memiliki ruangan yang lapang. Hal ini melambangkan kepribadian rakyat Aceh, yaitu rakyat Aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka dengan orang asing namun dapat menjadi sangat baik bahkan bagaikan saudara kandung bila sudah saling mengenal.

2. Motif tolak angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi pada rumah adat Aceh. Motif ini melambangkan bahwa masyarakat Aceh cenderung mudah untuk menerima perbedaan.

3. motif bunga jeumpa/bungong jeumpa (bunga kantil) diambil karena banyak terdapat di Aceh dan bentuknya sangat indah.

Pada masyarakat Aceh, motif ini kerap digunakan sebagai busana formal ataupun non-formal. Sesuai dengan tradisi masyarakat Aceh, busana batik Aceh pun disesuaikan sesuai dengan hukum syariat yang diterapkan. Pada batik perempuan biasanya diwarnai dengan model panjang dan longgar.

Tidak mudah untuk menghasilkan batik Aceh yang sempurna. Beberapa tahap dilakukan, mulai dari mencapnya, mewarnai kain, menutup ukiran pola atau nembok, serta merebusnya dengan campuran air raksa dan lilin. Waktu pengerjaan untuk satu kain batik pun, ukuran sekitar 2,5 meter, membutuhkan waktu cukup lama, yaitu antar satu sampai satu setengah hari.

Batik Aceh dapat kita temukan antara lain di sentra batik di Desa Meunasah Manyang, Kabupaten Aceh Besar.
(sumber artikel : http://www.kriyalea.com/pesona-batik-aceh/)


Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online
Alamat Kantor Kami :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daya Kec. Kadur Kab. Pamekasan Madura Jawa Timur 69355
HP: 085257293079 / 0817317151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar