Sabtu, 15 Juni 2013

Alasan Mengapa Batik Sulit Laris di Pasar Internasional

Alasan Mengapa Batik Sulit Laris di Pasar Internasional


Jakarta - Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang eksistensinya telah diakui industri mode internasional. Berbagai selebriti dunia seperti Jessica Alba mengenakannya dan desainer Amerika, Diane von Furstenberg pun mengaplikasikannya ke dalam koleksinya. UNESCO pun telah menetapkan batik milik Indonesia setelah ada negara lain yang mengklaimnya.

Dari ribuan motif yang berasal dari berbagai penjuru di Indonesia, berjejer produk siap pakai seperti busana, aksesori, perabotan rumah tangga hingga materi mentah yang bisa digunakan untuk membuat produk-produk unik. Namun, mengapa sulit sekali batik untuk menembus pasar internasional secara massal dan laris dibeli orang di seluruh dunia?

Berangkat dari rasa penasaran ini, Wolipop berbincang dengan desainer sekaligus Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2012), Nuna, panggilan akrabnya, memaparkan opininya tentang kesulitan batik diterima dan diaplikasikan masyarakat dunia.

Yang pertama ia lihat adalah fakta dimana diversifikasi batik belum terlalu kuat. "Kita harus tahu dulu pasar sukanya apa? Jepang, Amerika dan Eropa pasti suka motif batik yang beda. Enggak bisa disamain yang laku dijual di sini terus dipasarin di luar negeri," ujarnya.

Hal ini berkaitan dengan 'taste' yang dimiliki tiap orang. Ini juga mengingatkan kita akan gaya Eropa yang didominasi Paris dan Milan untuk urusan mode. Milan yang gaya desainnya sangat kental nuansa dekoratif, tradisi dan glamor sangat bertolak belakang dengan Paris yang siluetnya bersih, struktural dan mengedepankan pakem timeless.

Di Asia pun demikian, Jepang yang menyukai garis rancang yang minimalis modern sangat berlawanan dengan China yang serba klasik maksimalis. Nuna pun melanjutkan, akan dijadikan apa batik nantinya setelah diekspor?

Apakah akan jadi produk fashion, upholstery (kain pelapis) atau home furnishing? Semuanya membutuhkan kejelasan akan materi yang digunakan dan motif yang sesuai. Untuk fashion, materi yang digunakan mungkin harus halus, ringan dan fleksibel motifnya. Namun jika dibuat menjadi sofa, tentunya membutuhkan materi yang lebih tebal dan proses pengerjaannya mungkin tidak dengan tangan.

"Quality control harus jelas. Batik is a craft fabric. Saat order terjadi harus teliti benar dan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya, misalnya motif dan warna tidak bisa konsisten jika dikerjakan tangan," papar pria yang juga mengajar di Institut Kesenian Jakarta ini.

Industri mode internasional yang saat ini sedang dihantam krisis ekonomi tentunya juga beradaptasi dengan garis rancangan yang simpel dan siap pakai. Produk yang tadinya dikerjakan secara detail terpaksa mengalami penyederhanaan untuk menekan ongkos produksi. Hal inipun harus menjadi pertimbangan saat membawa batik ke pasar internasional.

"Di sini (Indonesia), orang kebanyakan beli kain batik yang mewah dan bagus itu satuan. Sedangkan saat klien internasional pesan, pasti ribuan. Harus bisa menjaga konsistensi warna, motif dan kualitas dari karya pengrajin yang membuat batik dengan tangan," jelasnya. Bisa dibayangkan total harganya dan segala risiko pengiriman yang harus ditanggung pemesan.
(sumber artikel : http://wolipop.detik.com/read/2012/11/27/083215/2102179/233/alasan-mengapa-batik-sulit-laris-di-pasar-internasional)


Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online
Alamat Kantor Kami :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daya Kec. Kadur Kab. Pamekasan Madura Jawa Timur 69355
HP: 085257293079 / 0817317151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar