Selasa, 11 Juni 2013

Batik Khas Madura - Batik Tanjung Bumi

Batik Khas Madura - Batik Tanjung Bumi

Batik Khas Madura dari Tanjung Bumi merupakan pesona batik nusantara dari Pulau Madura yang telah menjadi khas orang indonesia dan telah menjadi kebiasaan umum untuk digunakan dalam perayaan tertentu ataupun hanya sekedar untuk pakaian sehari-hari. Batik indonesia telah diakui sebagai salah satu pakaian budaya indonesia oleh UNESCO dan ditetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional. (Sumber: arumsekartaji.wordpress.com).

Batik Tanjung Bumi Madura merupakan salah satu dari sekian produk batik dari berbagai produsen batik di seluruh negeri yang notabene mempunyai motif tersendiri dalam hal pengemasan batik yang diimplementasikan ke dalam selembar kain untuk selanjutnya di motif sesuai dengan apa yang telah ada sebelumnya. Batik dengan ciri tertentu inilah yang menjadi sumber kekayaan berbagai macam model cara pembuatan batik di Indonesia.

Batik Khas Madura sebagaimana batik pada umumnya membutuhkan kehalusan, keuletan, kesabaran, ketelatenan tingkat tinggi agar tercipta kain batik yang benar-benar berkualitas. Belajar cara membuat batik-pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit bahkan mungkin membutuhkan waktu sekitar 1 tahun agar benar-benar tau bagaimana proses membatik yang benar dengan tidak meninggalkan motif yang telah menjadi turun temurun dikalangan para pembatik. Batik Madura lebih terkenal di daerah Tanjung Bumi sebagai salah satu pembuat bahkan produsen batik di Madura yang motifnya bagus dan sering dipakai oleh para pejabat ketika menghadiri acara penting sebagai salah satu pakaian santai ataupun resmi.

Batik Madura yang terletak di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan ini mempunyai beberapa keunikan dibanding dari daerah lainnya di Indonesia, salah satu motif yang sering digunakan adalah motif burung, kupu-kupu, kapal, perahu, udang dan lain sebagainya dan jika ditotal maka keseluruhan motif Batik Tanjung Bumi ini mencapai sekitar 100 Motif. (Sumber: http://zkarnain.tripod.com/SBAYA-13.HTM).

Harga dari Batik Pulau Madura ini bermacam-macam mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal yaitu sekitar 1 juta keatas. Mungkin alasan salah satunya karna kualitas dari kain batik itu sendiri dan lamanya dalam hal membatik serta motifnya yang sulit. Batik tulis Tanjung Bumi jauh lebih mahal dibanding batik dengan memakai Tehnik Cetak dikarenakan dengan memakai Tehnik mencetak lebih mudah dan lebih cepat pembuatannya daripada dengan Batik dengan tangan untuk menulis di atas selembar kain.

Kain Batik yang telah di tulis tak lantas di pasarkan atau langsung dipakai, batik tersebut di cuci agar lilin yang melekat dalam tulisan tadi berkurang dan tidak meninggalkan sisa jika dipakai oleh pengguna batik. Lilin dalam hal ini memang merupakan salah satu bahan dasar dalam hal membatik dan itu salah satu sebab kenapa tiap kali membatik, seseorang harus segera merendamnya kembali ke tungku tinta batik agar tidak mengeras sehingga dapat menyulitkan dalam hal proses penulisan pada media kain batik. Tinta batik yang dipakai dalam keadaan panas, terlebih dahulu di tiup agar sedikit mengurangi panas yang dapat menyebabkan kain menjadi melepuh jika dipaksakan dalam keadaan suhu tinggi.

Jika anda ingin memiliki batik Madura, akan lebih baik mengunjungi Pusat Batik Madura di daerah Kecamatan Tanjung Bumi dan melihat langsung bagaimana Batik Tanjung Bumi dibuat dengan proses yang cukup rumit dan tentunya proses pembuatan batik ini membutuhkan waktu lebih dari 1 hari serta disarankan untuk menginap entah didaerah Kecamatan Tanjung Bumi atau di Kota Bangkalan tepatnya di Hotel Ningrat.

Tanjung Bumi sebagai sentra penghasil batik di bangkalan yang menjadi ikon batik khas madura lokasinya mudah dijangkau sebagaimana jika diliat dari peta digital dibawah ini dan jika lelah berkeliling disarankan untuk mengunjungi Pantai Siring Kemuning yang juga masih dalam satu wilayah jadi sekalian bisa refreshing menikmati indahnya desiran ombak di salah satu Pantai Terindah Pulau Madura.
(sumber artikel : http://www.tretans.com/2012/09/batik-khas-madura-batik-tanjung-bumi.html)


Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online
Alamat Kantor Kami :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daya Kec. Kadur Kab. Pamekasan Madura Jawa Timur 69355
HP: 085257293079 / 0817317151

Tidak ada komentar:

Posting Komentar