Rabu, 15 Mei 2013

Sejarah Batik Madura

Batik madura, yang merupakan salah satu batik yang sudah dikenal sejak abad 24 pertama kali diperkenalakan oleh adipati sumenep Arya wiraraja.

Motif batik madura cenderung dipengaruhi oleh budaya asing dari cina, dengan ciri khasnya warna cerah yang terdapat     pada setiap corak maupun motif dari batik Madura dan terdapat banyaknya garis yang terpampang dalam satu desainnya Dan setiap desain motif memiliki arti dan cerita masing -masing yang menggambarkan keseharian rakyat Madura.

Ragam batiknya banyak diambil dari motif tumbuhan, binatang serta kombinasi motif sesuai selera pengrajinnya. Untuk ciri khas batik Madura daerah pesisiran dengan ciri khas warna dan motif yang berani (pengaruh budaya luar, dan cendurung masyaraktnya yang terbuka. red), sedangkan ciri khas batik Madura pedalaman cenderung berciri khas dengan corak klasik dan dengan warna yang redup (soft).

Dengan seiring perkembangan jaman dan teknologi, motif batik Madura dewasa ini sudah cenderung mengikuti trend mode, dengan desain dan motif kontemporer dengan corak dan warna yang beragam, sehingga mampu diterima semua kalangan masyarakat baik tua maupun muda. Sedangkan ciri khas yang dari batik Madura bisa kita lihat pada permainan warna di setiap motif batik yaang dibuat, mudah dikenali dengan adanya warna merah pada motif bunga, tangkai, atau daun.

Beberapa pengamat seni batik ada yang mengatakan kalau motif batik Madura ada kesamaan motif dengan batik Jogjakarta. Ya bisa jadi apa yang dikatakan para pengmat seni batik itu benar. Ini bisa kita runut dari silsilah keluarga dari raja-raja mataram dengan para pembesar kerajaan di Madura.

Sebagai salah satu bentuk seni tinggi, batik Madura banyak diminati oleh para pencinta batik Indonesia baik dari mancanegara maupun dari Indonesia sendiri.

Untuk anda pencinta batik Madura, Temukan keindahan batik madura di berbagai pelosok Pulau Madura seperti Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, dan Sampang.

sumber artikel : http://www.azzaralbatik.com/blog/batik-madura-sejarah-corak-dan-macam-jenis-batik-madura


Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online

Alamat Kantor Kami :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daya Kec. Kadur Kab. Pamekasan Madura Jawa Timur 69355
HP: 085257293079 / 0817317151


Tidak ada komentar:

Posting Komentar