Kamis, 30 Mei 2013

Sejarah Singkat Batik Papua atau Port Numbay

Sejarah Singkat Batik Papua atau Port Numbay
Siapa yang tidak tahu batik Papua? Saat ini banyak orang membicarakan tentang batik Papua yang penuh dengan motif indah. Lalu apa kaitan antara Pekalongan sebagai kota batik dengan Papua? Batik Papua merupakan salah satu batik yang dicari banyak orang karena banyaknya motif yang di tawarkan, terutama dalam hal alam dan budaya. Keanekaragaman luar biasa Papua telah di tuangkan dalam motif batik Papua atau lebih di kenal sebagai batik Port Numbay. Bagaimana sejarah singkat batik Papua atau Port Numbay ini? apakah sudah sejak dahulu batik Papua berada di tanah Papua sendiri, atau hanya sebuah inovasi sesorang? Judul pada tulisan ini, ingin memberitahukan bahwa Batik Papua merupakan bentuk inovasi budaya yang terjadi di Papua. Batik Port Numbay di perkenalkan oleh seseorang bernama Jimmy Handrick Afaar. Ia mulai belajar membatik di kota Pekalongan. Sampai saat ini, batik Papua masih menggunakan perangkat membatik dari Pekalongan karena pada dasarnya Batik Papua merupakan hal baru bagi warga Papua setidaknya dalam waktu lima tahun terakhir.

Pelajaran sangat berharga dapat kita lihat dari hubungan seni budaya antar dua etnis yang berbeda. Pekalongan merupakan etnis Jawa sebagai penghasil asli batik kemudian digabungkan dengan kebudayaan etnis Papua untuk menciptakan inovasi baru bernama batik Papua yang menghasilkan motif baru khas Papua. Melihat kelembutan batik Papua dengan motif keanekaragaman hayati maupun kondisi sosial dan budaya masyarakat di Papua seperti burung Cinderawasih, Kamoro (patung berdiri), dan Sentani tentu kita akan melupakan sejenak situasi konflik di Papua. Batik Papua turut menunjukkan eksistensi budaya Papua yang selama ini terkesan terasingkan. Adanya korelasi Pekalongan dan Papua menunjukkan satu ikatan kebangsaan yang kuat di Indonesia ditengah isu separatisme yang terkesan politis.

Rupa-rupanya seni-budaya menjadi jalan pemersatu suku, seperti yang terjadi  dalam kasus Papua. Batik Papua berkaitan dengan batik Pekalongan, tentunya kita tidak bisa melupakan sosok Jimmy yang berperan membudayakan batik Papua serta memberdayakan masyarakat sekitar untuk membatik. Dengan ini, masyarakat Papua akan dilihat dengan karyanya bukan dengan ketertinggalannya serta menunjukkan kesan terbuka dengan budaya lain.
(sumber artikel : http://buletinmadubranta.blogspot.com/2012/02/dari-pekalongan-sampai-papua.html)

Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online disini
Alamat Kantor Kami :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daya Kec. Kadur Kab. Pamekasan Madura Jawa Timur 69355
HP: 085257293079 / 0817317151

1 komentar:

  1.  Simple Clear Cheap Tv Antenna-Antena Tv Led Bagus Wajanbolic 
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com
     Sejarah Batik Kota Bekasi 
    http://khasbatik.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-batik-khas-kota-bekasi.html
     Tim Kreatif Batik Kota Bekasi/Pencipta Desain Awal Motif Batik Kota Bekasi 
    http://khasbatik.blogspot.co.id/2014/10/pencipta-ide-awal-motif-bekasi.html

    BalasHapus